Sport » MotoGP
Short URL:
Serba-serbi MotoGP
Serba-Serbi MotoGP, Dari Dulu Hingga Kini
Thu, 01 Sep 2011 | 08:00
Teks : Marvin Herera
Dibaca : 25.684 kali

SPORTKU.COM - MotoGP, ajang balap motor tertua di dunia ini dikenal sejak tahun 1900. Kala itu lomba ini diasuh oleh FICM (Federation Internationale Des Clubs Motocyclistes) yang disebut-sebut sebagai kakek buyutnya FIM (Federation Internationale de Motocyclisme) yang merupakan badan tertinggi di dunia yang mengurusi hal-hal seputar kendaraan roda dua.

Balap MotoGP yang menjadi favorit para penggemar balap motor seantero duniamotogp, asal usul motogp, serba serbi motogp, balap motor, balapan motogp

Setelah Perang Dunia II usai, kejuaraan balap motor merangkak ke tingkat internasional dan digelar secara resmi di tahun 1949 dan dibagi menjadi 4 kelas yaitu kelas utama 500cc, 350cc, 250cc dan 125cc. 

Kesuksesan ajang MotoGP tidak terlepas dari organisasi-organisasi yang berdiri di belakangnya, antara lain FIM (Federation Internationale de Motocyclisme) yang mengurusi tetek-bengek keamanan dan kelayakan motor-motor produksi yang dijual secara masif, juga bertanggung jawab atas regulasi dan teknis pelaksanaan balapan.

Nicky Hayden (Ducati Team) - Sirkuit Brno, Republik Ceko, Photo : www.motogp.commotogp, asal usul motogp, serba serbi motogp, balap motor, balapan motogp

Saat ini, MotoGP dalam setahun digelar sebanyak 17 seri di 15 negara yang berbeda. Negara paling penting di pasar MotoGP sendiri ada di daratan Eropa, yaitu Italia dan Spanyol.

Ajang biasanya dihelat setiap akhir pekan dan dibagi dalam beberapa tahap, yaitu hari Jumat digelar latihan bebas dan latihan resmi pertama (sering disebut sesi pemanasan), kemudian hari Sabtu dilanjut dengan menggelar latihan resmi kedua di mana para pembalap berusaha membuat catatan waktu terbaik untuk menentukan posisi start mereka.

Casey Stoner dan Collin Edwards berebut posisi dengan Stoner di awal start (Photo By : AP Photo/Michael Conroy)motogp, asal usul motogp, serba serbi motogp, balap motor, balapan motogp

Dan di hari Minggunya balapan resmi digelar, tapi berbeda dengan di Belanda dan Qatar yaitu seri dihelat pada hari Sabtu. Balapan akan dilaksanakan selama sekitar 45 menit dan pembalap berlomba sepanjang jumlah putaran yang ditentukan, tanpa masuk pit untuk mengganti ban atau juga mengisi bahan bakar. 

Pembalap legenda asal Italia Valentino “The Doctor” Rossi yang baru saja bergabung dengan brand pemimpin inovasi teknologi Oakley dan merilis kustom eyewear Holbrook Valentino Rossi Signature Series, menjadi salah satu penoreh sejarah di sirkuit MotoGP dengan rekor fastest lap terbanyak dalam satu musim di tahun 2003 dan perolehan podium terbanyak dalam satu musim dengan 16 podium di 2003, 2005 dan 2008.

Valentino Rossi (Ducati Team), Sirkuit Assen - Belanda (Photo : www.motogp.com)motogp, asal usul motogp, serba serbi motogp, balap motor, balapan motogp

Selain itu, rekan sesama Oakley sang pemegang gelar juara dunia 2010 Jorge Lorenzo yang mengantungi poin terbanyak dalam satu musim dengan torehan 383 point di seri 2010. Atas ‘kegilaannya’ di atas sirkuit, Oakley pun merilis eyewear sebagai tribut untuk dirinya, salah satunya yaitu Frogskins® Collector Editions, kacamata dengan desain khusus yang jadi andalan untuk pelindung matanya saat beraksi di sirkuit.

Jorge Lorenzo (Yamaha Factory Racing) - Sirkuit Laguna Seca, Amerika Serikat - (Photo : www.motogp.com)motogp, asal usul motogp, serba serbi motogp, balap motor, balapan motogp

Setiap ajang digelar, 14 negara menyiarkan langsung dari sirkuit dengan cakupan 207 negara menerima siaran, 337 juta rumah tangga menikmati siaran langsung MotoGP dan beberapa siaran Tunda, 60 TV Channel memegang hak siar MotoGP termasuk beberapa TV satelit spesialis program sport seperti Eurosport dan ESPN.

Casey Stoner dan Andrea Dovizioso (Repsol Honda Team) - Sirkuit Brno, Republik Ceko, Photo : www.motogp.commotogp, asal usul motogp, serba serbi motogp, balap motor, balapan motogp

Dengan hampir 120 kamera digunakan untuk siaran langsung, 20 kamera di sirkuit, 7 kamera dengan transmisi sinyal radio dan sekitar 100 kamera on-board yang ditempatkan di motor (setiap motor MotoGP dipasang 3 on-board camera), 12 kamera tambahan.

Ditambah dengan individual network kamera untuk menjadikannya total sekitar 150 kamera TV, ajang balapan demi pembuktian siapa yang tercepat di dunia siap disajikan baik untuk yang beruntung bisa menyaksikannya langsung di sirkuit maupun yang menikmatinya lewat layar kaca. 

Pebalap tim Repsol Honda, Casey Stoner berhasil menjadi juara di MotoGP Republik Ceko (tengah), runner up Andrea Davizioso (kiri), Marco Simoncelli (kanan) (Photo by : AP Photo/Petr David Josek)
motogp, asal usul motogp, serba serbi motogp, balap motor, balapan motogp

Marco Simoncelli (San Carlo Honda Gresini) - Sirkuit Sachsenring, Jerman (Photo : www.motogp.com)motogp, asal usul motogp, serba serbi motogp, balap motor, balapan motogp

SUMBER

motogp.com www.motogp.com - SPORTKU.com has the right to publish the related contents from this source.

The content is owned by the name above. This section include contents such as MotoGP, GP 500, GP 250, GP 125, as well as practice session. We do not own or produce the picture and/or videos displayed on this website. We mainly host or re-stream the pictures and/or videos displayed on this website for better performance.