Deuz Custom Cycle Bali
Deus Custom Cycle : Motor Bentuk Sepeda Atau Sepeda Dengan Motor ?
Wed, 01 Aug 2012 | 17:40
Teks :
Dibaca : 53.046 kali

SPORTKU.COM - Deus Custom Cycle (Deus Ex Machina) Bali, spesialis pembuat motor custom-retro dengan berbagai kreasinya yang sudah cukup dikenal di Indonesia dan juga kerap melakukan expor ke negara-negara lainnya. Kami ini, kami akan tampilkan kreasi  Deus Custom Cycle (Deus Ex Machina)  dengan menggunakan rangka sepeda sebagai basis untuk membuat kendaraan bermotor.

Saat melintasi daerah di bilangan Kebayoran Baru, terlihat seseorang mengendarai kendaraan bermotor dengan bentuk sepeda (ataukah ini sepeda dengan menggunakan mesin ???). Melihat keunikan kendaraan tersebut, kami menyempatkan diri menyapa sang pemilik kendaraan tersebut, dan meminta waktu untuk meliput dan megetahui kendaraan tersebut secara lebih detil.

Deuz Custom Cycle Bali, Deuz Custom, Ananto Pondok Indah, Sepeda Motor Retro, Sepeda Retro, Motor Retro

Deuz Custom Cycle Bali, Deuz Custom, Ananto Pondok Indah, Sepeda Motor Retro, Sepeda Retro, Motor Retro

Nanto, begitu panggilan sang pemilik yang juga seorang eksekutif di bidang asuransi, dengan senang hati menjelaskan mengenai kendaraan modifikasi Deuz Custom Cycle yang dimilikinya sejak awal tahun.

Menurut penuturan Nanto, dia menginginkan kendaraan roda dua yang dapat dipergunakan untuk kegiatan santai pada hari libur bersama keluarga dan teman-temannya dan juga kendaraan tersebut harus dapat dipergunakan untuk kegiatan seputaran rumah pada hari biasa.

Kegiatan harian menggunakan motor dan juga sepeda telah dilakukan sejak lama, namun karena faktor kenyamanan, Nanto menginginkan penggunaan kendaraan bermotor dengan ukuran cc yang kecil dan tidak memerlukan surat-surat untuk, sehingga dapat dipakai oleh anaknya yang juga gemar bersepeda.

Setelah berdiskusi dengan teman-temannya, Nanto kemudian menghubungi  Deus Custom Cycle (Deus Ex Machina)  Bali, yang memang kerap melakukan modifikasi kendaraan bermotor. Setelah melakukan beberapa diskusi, akhirnya kedua belah pihak setuju untuk penggunaan mesin motor dengan cc yang kecil untuk kemudian dipasangkan pada rangka sepeda model custom retro.

Deus Custom Cycle (Deus Ex Machina) Bali menggunakan rangka sepeda model retro dengan merek Felt Bicyles USA tipe One-Speed Cruise, dengan perubahan pada bagian rangka untuk mendapatkan tema retro classic.

Felt Bicyles USA, Tipe MAGNOFelt Bicyles USA MAGNO, Deuz Custom Cycle Bali, Deuz Custom, Ananto Pondok Indah, Sepeda Motor Retro, Sepeda Retro, Motor Retro

Pemikiran utama adalah bagaimana menempatkan tangki bensin dengan kapasitas sebesar 1 liter, tanpa mengganggu penampilan secara keseluruhan.   Deus Custom Cycle (Deus Ex Machina)  akhirnya merubah rangka tengah membuat tangki bensin ini menyatu dengan batang rangka tengah sepeda. Bagian rangka tengah ini dibesarkan sedikit dan dibuat menjadi satu kesatuan, sehingga tidak terlihat seperti tangki bensin.

Lubang pengisian bensin yang telohat manis menyatu dengan rangka bagian atas.Deuz Custom Cycle Bali, Deuz Custom, Ananto Pondok Indah, Sepeda Motor Retro, Sepeda Retro, Motor Retro

Tombol pengaturan keran bensin terlihat menyatu dengan rangka atas.StarFire Gen II-A-55, Felt Bicyles USA MAGNO, Deuz Custom Cycle Bali, Deuz Custom, Ananto Pondok Indah, Sepeda Motor Retro, Sepeda Retro, Motor Retro

Walaupun menggunakan tema custom retro, namun atas keinginan sang pemilik,  Deus Custom Cycle (Deus Ex Machina)  menggunakan untuk menggunakan Handle Bar yang cukup modern.

Pemilihan mesin dengan menggunakan mesin 2-langkah merek Starfire dengan kapasitas 50cc yang menggunakan karburator, dirasa cukup mumpuni untuk kebutuhan berat total kendaraan roda dua ini dengan sang pemilik.

Mesin StarFire Gen II-A-55StarFire Gen II-A-55, Felt Bicyles USA MAGNO, Deuz Custom Cycle Bali, Deuz Custom, Ananto Pondok Indah, Sepeda Motor Retro, Sepeda Retro, Motor Retro

Mesin ini menggunakan KOPLING yang dapat di aktifkan dengan menggunakan tuas pada stang sepeda pada sisi kiri. Hal ini menyebabkan adanya 2 tuas pada sisi kiri stang sepeda. Tuas pada bagian bawah berfungsi sebahgaimana layaknya tuas untuk rem-belakang, sedangkan tuas bagian atas berfungsi untuk mengaktifkan kopling pada mesin tersebut.

Tuas pengoperasian Kopling pada setang sepeda sebelah kiriStarFire Gen II-A-55, Felt Bicyles USA MAGNO, Deuz Custom Cycle Bali, Deuz Custom, Ananto Pondok Indah, Sepeda Motor Retro, Sepeda Retro, Motor Retro

Pemindahan tenaga dari mesin ke roda belakang menggunakan rantai terpisah yang berada pada sisi kiri roda belakang.

Pemindahan tenaga dari mesin ke roda menggunakan rantai.StarFire Gen II-A-55, Felt Bicyles USA MAGNO, Deuz Custom Cycle Bali, Deuz Custom, Ananto Pondok Indah, Sepeda Motor Retro, Sepeda Retro, Motor Retro

Untuk penggunaan kendaraan di malam hari, Deuz Custom Cycle memasang lampu depan dengan bentuk kerucut dengan menggunakan lampu LED, sehingga lampu ini cukup terang pada malam hari, namun konsumsi penggunaan listriknya cukup kecil. Untuk keamanan dari sisi belakang, Nanto memasang lampu LED merah yang berkelap-kelip.

StarFire Gen II-A-55, Felt Bicyles USA MAGNO, Deuz Custom Cycle Bali, Deuz Custom, Ananto Pondok Indah, Sepeda Motor Retro, Sepeda Retro, Motor Retro

Bangku menggunakan model classic dengan penggunaan per untuk meredam getaran. Pada sisi bagian belakang bangku dipasang tas kulit berwarna coklat senbagai pemanis yang juga berfungsi.

StarFire Gen II-A-55, Felt Bicyles USA MAGNO, Deuz Custom Cycle Bali, Deuz Custom, Ananto Pondok Indah, Sepeda Motor Retro, Sepeda Retro, Motor Retro

Beginilah kalau seorang eksekutif muda berkreasi demi memuaskan hobby berkendaraan... Jadi, apakah ini Motor bentuk sepeda ATAU Sepeda dengan menggunakan Motor ?

Apapun itu, yang penting ada bensin, piston dan pengapian, sehingga layak disebut Motor yang menggunakan chasis sepeda....

SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. 

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss