News » Aktual
Short URL:
Tips Hilangkan Pegal Saat Berkendara
Sat, 22 Sep 2012 | 08:00
Teks : Suhartono
Dibaca : 18.316 kali

SPORTKU.COM - Posisi tubuh saat berkendara yang baik dan benar mungkin bisa mengurangi rasa lelah. Terlebih bila perjalanan jauh dan berdurasi panjang.

Selain itu posisi yang baik dan benar juga merupakan bagian penting dalam menunjang keselamatan berkendara. Postur tubuh dan jenis kendaraan yang dipakai juga akan mempengaruhi kenyamanan berkendara.

Maka setiap produsen kendaraan bermotor akan menyesuaikan besar kecilnya ukuran kendaraan sesuai dengan pangsa pasar yang dituju.

Dapat menghindari situasi apapun saat berkendara perlu ditanamkan sejak dinisafety riding, mudik lebaran, resiko kecelakaan, angka kematian, keselamatan berkendara, forwot, tvs, evalube, gmo, motoritz, garda oto, zeneos

Posisi berkendara yang baik dan nyaman adalah bila pengendara mudah mengendalikan pergerakan sepeda motor.

Pengendara diharapkan dapat mengantisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi dengan kendaraan. Baik yang secara disengaja atau secara mendadak karena faktor lingkungan.

Misalkan seperti saat melewati lubang jalan atau saat ban tiba-tiba bocor. Posisi berkendara akan menentukan manuver dan keseimbangan sepeda motor yang dikendarai.

Pemahaman Safety Riding sangat dibutuhkan dalam berkendarasafety riding, mudik lebaran, resiko kecelakaan, angka kematian, keselamatan berkendara, forwot, tvs, evalube, gmo, motoritz, garda oto, zeneos

Berikut tiga faktor yang mempengaruhi kenyamanan berkendara.

1. Posisi duduk
Posisi duduk ketika berkendara tidak mungkin bisa senyaman ketika kita duduk di sofa. Posisi duduk harus benar-benar diperhatikan ketika berkendara. Karena akan membantu tumpuan tubuh di atas sepeda motor. Jangan ambil posisi duduk dengan terlalu tegak atau membungkuk, karena beban yang diterima tulang ekor terlalu banyak. Dan hal ini bisa menciderai tulang belakang yang merupakan bagian syaraf-syaraf utama. Tumpuan harus terbagi merata antara area (maaf) pantat dan kaki yang menginjak footstep.

2. Posisi tangan

Posisi tangan juga sangat mempengaruhi terhadap kenyamanan berkendara. Sebisa mungkin posisi tangan dan pundak berada pada posisi rileks. Dengan posisi yang rileks maka akan mempermudah kita bermanuver dan mengontrol setang.

3. Posisi kaki

Posisi ini tak kalah pentingnya. Kaki merupaka salah satu tumpuan tubuh pada saat kita berkendara. Maka injakkan kaki pada footstep dengan benar. Usahakan posisi kaki berada dalam zona aman. Mudah untuk naik turun ketika menghadapi sesuatu, seperti halnya ketika berada di depan lampu merah.

Dapat menghindari situasi apapun saat berkendara perlu ditanamkan sejak dinisafety riding, mudik lebaran, resiko kecelakaan, angka kematian, keselamatan berkendara, forwot, tvs, evalube, gmo, motoritz, garda oto, zeneos

SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. 

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss