News » Aktual
Short URL:
Aki Motor
Tips Merawat Aki Motor
Fri, 24 Aug 2012 | 10:00
Teks : Zenuar Yoga
Dibaca : 14.814 kali

SPORTKU.COM - Aki atau accu merupakan element terpenting dalam kendaraan karena menjadi sumber energi listrik dan sebagai sumber tenaga mengaktifkan CDI (Capacitor Discharge Ignition ) yang berfungsi mengatur pengapian pada motor.

Tips Merawat Aki Motormotor, aki motor, aki, accu, accu motor, tips merawat aki motor, merawat aki motor

Jika kita tidak memperhatikan aki pada kendaraan maka bisa dipastikan dalam jangka waktu yang tidak lama aki tersebut akan mengalami penurunan kinerja bahkan menyebabkan kerusakan. Agar kejadian tersebut tidak terjadi, SPORTKU.com ingin memberikan tips aki motor supaya bisa bertahan lama. sebelumnya kita ketahui dulu jenis aki itu sendiri, apakah termasuk aki kering atau aki basah.

1. Perhatikan ketinggian permukaan cairan yang harus tetap berada antara garis permukaan atas dengan garis permukaan bawah atau cek setiap 2 bulan sekali. Jangan sampai air aki kosong. Jika hal itu terjadi maka segera tambahkan air aki hingga mencapai batas permukaan atas.

2.  Hindari memodifikasi aliran listrik aki. Menyambung kabel ke aki dengan cara tidak benar menyebabkan daya listrik cepat habis. Terlebih bila sistem pengisian ke accu bermasalah.

3.  Selesai berkendara, matikan lampu terlebih dahulu sebelum mematikan motor agar beban aki tidak terlalu besar ketika motor dinyalakan kembali.

4.  Jika mesin dalam keadaan dingin setelah lama tidak dihidupkan(biasanya di pagi hari) disarankan menggunakan kick starter karena menyalakan motor menggunakan kick starter di pagi hari cukup signifikan menghemat baterai aki.

5. Sesekali bersihkan bagian isi aki dengan cara mengurasnya dengan air hangat. Setelah dikuras keringkan aki sebelum diisi air aki, kemudian charge selama 2 jam. Nah, untuk perawatan aki kering tak perlu repot seperti aki basah yang penting lepas saja kabel negatif pada aki jika motor tidak dinyalakan dalam waktu yang cukup lama.

Ada catatan penting untuk para pengguna motor, ada baiknya menggunakan (kick starter) starter engkol ketika motor tidak digunakan dalam waktu 8-12 jam. Sementara jika motor tidak digunakan dalam waktu singkat (5-7 jam), anda bisa memanfaatkan eletrik starter.

Semoga Tips tersebut bisa menghemat aki motor cair 3-4 tahun.

Tips Merawat Aki Motormotor, aki motor, aki, accu, accu motor, tips merawat aki motor, merawat aki motor

SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. 

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss